SEMOGA BERMANFAAT BROTHER !!

PEMECAHAN MASALAH LAPISAN APLIKASI JARINGAN LAN Pendahuluan dan masalh umum di application Layer Layer aplikasi merupakan yang...

PEMECAHAN MASALAH LAPISAN APLIKASI JARINGAN LAN

PEMECAHAN MASALAH LAPISAN APLIKASI JARINGAN LAN


  • Pendahuluan dan masalh umum di application Layer
Layer aplikasi merupakan yang paling dekat dengan user, Ia memberikan service jaringan ke aplikasi user. Layer ini berbeda dengan layer lain. Ia tidak memberikan pada layer lain, tetapi pada aplikasi di luar model OSI. Untuk memudahkan pemahaman tentang Application Layer, Aplication Layer menyediakan layanan untuk aplikasi misalnya transfer file, email, akses suatu komputer atau layanan dalam TCP/IP.  lapisan aplikasi mengandung semua protokol dan metode yang masuk dalam lingkup 
komunikasi proses ke proses melalui jaringan IP dengan menggunakan lapisan transport untuk membuat koneksi inang ke inang yang mendasarinya. Sedangkan dalam model OSI definisi lapisan aplikasi lebih sempit lingkupnya, Membedakan secara eksplisit fungsionalitas tambahan di atas lapisan transport dengan tambahan dua lapisan : Lapisan sesi dan Lapisan presentasi. OSI memberikan pemisah modular yang jelas fungsionalitas lapisan-lapisan ini dan memberikan implementasi protokol  untuk masing-masing lapisan Application Layer berfungsi sebagai interfaces antara aplikasi yang di hadapi user andresource jaringan yang di akses sesuai namanya, Lapisan ini menjebatani interaksi manusia dengan perangkat perangkat lunak/software aplikasi.

  • TCP/IP Protocol related
Transmision Control Protocol (TCP) adalah suatu protokol yang berada di lapisan transport (baik itu dalam tujuh lapisan model referensi OSI atau model DARPA) yang berorientasi sambungan (Connectoin-Oriented) dan dapat di andalkan (Reliable). TCP di referentasikan dalam RFC 793.
  • Dynamic Host Control Protocol (DHCP)
Layanan yang secara otomatis memberikan nomer IP di sebut DHCP Server. Sedangkan kompuetr yang meminta nomor IP di sebut DHCP Client.
  • Studi kasus : Pengguna tidak dapat mendapatkan alamat 
  • File Transfer Protocol (FTP)
Suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Terdiri dari FTP Server dan FTP Client. Fungsi FTP adalah Melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk inteernet.
  • TELNET
Telecommunications Network Internet (TELNET) adalah Perangkat lunak yang di gunakan untuk melakukan kontrol jarak jauh pada sistem komputer.
  • Sun Network File System (NFS)
Klien atau program server yang berjalan pada komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses file di jaringan dan memperlakukan mereka seolah-olah meraka berada di direktori file lokal.  
  • Hypertext Transfer Protokol (HTTP)
Sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang di gunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan Hipermedia penggunannya banyak pada penggambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang di sebut dengan dokumen hiperteks yang kemudian membentuk World Wide Wibe. 


Soal dan Jawaban !

1. Pengertian dari DHCP !
    Layanan yang secara otomatis memberikan nomer IP 
2. Apa itu Sun Network File System (NFS) !
    Klien/program server yang berjalan pada komputer yang memungkingkan pengguna untuk mengakses file di jaringan dan memperlakukan mereka seolah-olah meraka berada di direktori file lokal.
3. Sumber daya yang saling terhubung dengan tautan yang di sebut ?
   hiperteks
4. Apa itu TELNET !
    Perangkat lunak yang di gunakan untuk melakukan kontrol jarak jauh pada sistem komputer
5. TCP di referentasikan dalam ?
    RFC 793








TERIMA KASIH !!

0 comments: