SEMOGA BERMANFAAT BROTHER !!

PEMECAHAN MASALAH LAPISAN DATA LINK JARINGAN WAN Ethernet Mekanisme Akses  Ethernet adalah sebuah metode akses media jaringan ...

PEMECAHAN MASALAH LAPISAN DATA LINK JARINGAN WAN

PEMECAHAN MASALAH LAPISAN DATA LINK JARINGAN WAN

  • Ethernet Mekanisme Akses 

Ethernet adalah sebuah metode akses media jaringan dimana semua host di jaringan tersebut berbagi bandwidth yang sama dari sebuah link. Ethernet menjadi popular karena ia mudah sekali disesuaikan dengan kebutuhan (scalable), artinya cukup mudah untuk mengintegrasikan teknologi baru seperti Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet, kedalam infrastruktur network yang ada. Ethernet juga relatif mudah untuk diimplementasikan dari awal, dan cara pemecahan masalahnya juga mudah. Ethernet menggunakan spesifikasi layer Physical dan Data Link. Bagian berikut akan membahas mengenai informasi apa saja di kedua layer tersebut yang perlu diketahui untuk secara efektif mengimplementasi, memecahkan masalah, dan mempertahankan sebuah jaringan Ethernet.
  • Full-Duplex Ethernet 

Dalam komunikasi full-duplex, dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi.Komunikasi full-duplex juga dapat diraih dengan menggunakan teknik multiplexing, di mana sinyal yang berjalan dengan arah yang berbeda akan diletakkan pada slot waktu (time slot) yang berbeda. Kelemahan teknik ini adalah bahwa teknik ini memotong kecepatan transmisi yang mungkin menjadi setengahnya.
  • Format Bingkai Ethernet

Ethernet mentransmisikan data melalui kabel jaringan dalam bentuk paket-paket data yang disebut dengan Ethernet Frame. Sebuah Ethernet frame memiliki ukuran minimum 64 byte, dan maksimum 1518 byte dengan 18 byte di antaranya digunakan sebagai informasi mengenai alamat sumber, alamat tujuan, protokol jaringan yang digunakan, dan beberapa informasi lainnya yang disimpan dalam header serta trailer (footer). Dengan kata lain, maksimum jumlah data yang dapat ditransmisikan (payload) dalam satu buah frame adalah 1500 byte.
  • Pemanfaatan Jaringan Perhitungan dan Efisiensi Bandwidth pada Ethernet

Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekwensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data. Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, bandwidth ini sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, ialah jumlah data yang bisa dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik). Bandwitdh pada jaringan komputer ini umumnya diukur dalam bits per second (bps). Jenis bandwith :
a).    Bandwidth digital yaitu volume ataupun jumlah suatu data (dalam satuan bps atau bit per second) yang bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
b).  Bandwidth analog yaitu merupakan suatu perbedaan antara frekuensi yang terendah dan frekuensi yang tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) yang bisa menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat
  • Studi Kasus : Menganalisis Berlebihan Tabrakan Ethernet
Dapat di atasi dengan menggunakan carrier sense multipe access / collision detection (CSMA / CD) yaitu paket di buang dan di kirim ulang satu per satu dan menjadi sumber infesiensi dalam jaringan. Tabrakan domain di temukan di sebuah hub yang mewaili satu domain collision dalam satu broadcast domain dan dapat di temukan dalam jaringan media lain seperti wifi.
  • Studi Kasus : Server Lambat pada Segmen Ethernet
a)    Congestion jaringan adalah traffic data melebihi kapasitas bandwith yang ada.
b)    Collision adalah sebuah data frame yang saling bertabrakan.
c)  Bottlenecs adalah beban user yang tinggi dalam mengakses jaringan dan menyebabkan kelambatan jaringan
  • Proses Token Passing

Metode pengiriman data dengan cara mengelilingi sebuah Ring dikenal dengan istilah Token Passing. Token dilewatkan dari satu komputer ke komputer lain sampai sebuah komputer mengambil data tersebut. Komputer pengirim memodifikasi tooken, meletakkan sebuah alamat tujuan pada data dan mengirimkan ke komputer tujuan melewati jaringan ring. (Computer)

Soal dan Jawaban !

1. Apa itu Ethrnet ?
     sebuah metode akses media jaringan dimana semua host di jaringan tersebut berbagi bandwidth yang sama dari sebuah link.
2. Komunikasi Full-Duplex dapat di raih dengan menggunakan teknik ?
    Multiplexing
3. Apa kelemahan dari teknik Full-Duplex ?
     Teknik ini memotong kecepatan transmisi yang mungkin menjadi setengahnya
4. Berapa jumlah maksimum data yang dapat di transmisikan dalam satu buah Frame ?
     1500 Byte
5. Jelaskan jenis Bandwidth ?. dan jelaskan !
  •  Bandwidth digital yaitu volume ataupun jumlah suatu data (dalam satuan bps atau bit  persecond) yang bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
  •  Bandwidth analog yaitu merupakan suatu perbedaan antara frekuensi yang terendah dan frekuensi yang tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) yang bisa menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.








SEKIAN !!

0 comments: