SEMOGA BERMANFAAT BROTHER !!

PEMECAH MASALAH LAPISAN NETWORK  LAN Pengenalan operasi Router Ø   Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui ...

PEMECAH MASALAH LAPISAN NETWORK LAN

PEMECAH MASALAH LAPISAN NETWORK LAN



Pengenalan operasi Router
Ø  Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Ø  Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). 

Jenis-jenis Router
1.      Router Aplikasi
Pengertian Router
aplikasiadalah aplikasi yang dapat kita instal pada sistem operasi, sehingga sistem operasi tersebut akan memiliki kemampuan seperti router, contoh aplikasi ini adalah Winroute, WinGate, SpyGate, WinProxy dan lain-lain.
2.      Router Hardware
Pengertian Router Hardware adalah sebuah hardware yang memiliki kemampuan seperti router, maka dengan hardware tersebut anda dapat membagi IP Address, Router hardware dapat digunakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah, misalnya dari router ini adalah access point, wilayah yang mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.
3.      Router PC
Pengertian dan fungsi Router PC adalah sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat sebuah router PC tidak harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Komputer dengan prosesor pentium dua, hard drive 10 GB dan ram 64 serta telah tersedia LAN Card  sudah bisa digunakan sebagai router PC. 

Protokol jaringan
Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.



Jenis-jenis protokol jaringan
1.      HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.
2.      FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara client FTP dan server FTP. Pada umumnya browser-browser versi terbaru sudah mendukung FTP.
3.      Mailto adalah protokol yang digunakan untuk mengirim email melalu jaringan internet.Bentuk format pada Protocol ini adalah :

Cara Tracert untuk menampilkan jalur perjalanan paket
Tracert singkatan dari traceroute, yakni tool untuk menampilkan jalur atau routing perjalanan packet komunikasi antara komputer kita dengan komputer (server) lain. Tool ini akan menampilkan jumlah hop (router) yang dilalui ketika menuju server target. Opsi yang di gunakan :

tracert ipserver/domain, tracert –d ipserver/domain (http://josh.staff.ugm.ac.id/)



Studi kasus: paket IP Lokal dialihkan,
 Pengertian NAT (Network Address Translator) menurut wikipedia adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Metode ini digunakan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan (security) jaringan lokal, dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan. 


Internet kontrol message protokol (ICMP) format paket dan operasi

Ø  ICMP singkatan dari Internet Control Message Protocol. ICMP diperlukan secara internal oleh IP untuk memberikan informasi tentang error yang terjadi antara host.
Ø  Beberapa laporan yang disampaikan oleh ICMP, antara lain :
o         Destination Unreachable (Host or Port).
o         Network Unreachable.
o         Time Exceeded.
o         Parameter Problem.
o         Echo Reply, Echo Request dengan utilitas ping.
o         Dan lain – lain.
studi kasus: tips menggunakan traceroute
• studi kasus: tips menggunakan traceroute adalah



Apakah situs anda lama sekali diaksesnya ? atau bahkan tidak dapat diakses sama sekali ? Jika Anda pernah mengalami hal seperti itu anda bisa menganalisa terlebih dulu jaringan komputer yang anda gunakan melalui traceroute ini.

Traceroute / tracert ( pada windows )  berguna untuk  menganalisa jaringan internet  yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di internet atau jaringan komputer.
Cara Melakukan Traceroute :
1.     Klik Start –> Run
2.     Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
3.     Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda  tinggal ketikkan –> tracert (spasi) namadomainanda
Hal diatas menunjukkan bahwa koneksi yang di gunakan cukup stabil karena anda bisa melihat Hops (loncatan) atau perpindahan data yang terjadi tidak terlalu jauh, Hops ini terlihat pada urutan angka 1,2,3 dan seterusnya. Untuk waktu dalam satuan ms (millisecond) sama seperti halnya Hops, semakin kecil waktu perpindahan data ,maka akan semakin baik /cepat  anda mengakses situs yang anda traceroute  tadi.



Namun jika anda melihat pada hasil tracert ada tanda  *  atau pesan request timed out pada hasil tracert anda, maka disitulah masalah yang ada pada koneksi internet anda. Solusinya anda bisa menanyakan kepada pihak ISP (penyedia jasa internet) atau bisa didiskusikan dengan admin jaringan komputer anda  barangkali ada gangguan atau hal lainnya.

SOAL DAN JAWABAN !!

1. Apa yang dimaksud dengan Router !
    Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atauInternet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.
2. Sebutkan jenis-jenis Router !
    - Router Aplikasi
    - Router Hardware
    - Router PC
3. Apa itu  FTP (File Transfer Protocol) ?
     sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk  pentransferan file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
4. Sebutkan laporan yang disampaikan oleh ICMP !
              o         Destination Unreachable (Host or Port).
   o         Network Unreachable.
   o         Time Exceeded.
   o         Parameter Problem.
   o         Echo Reply, Echo Request dengan utilitas ping.
   o         Dan lain – lain.
5. Bagaimana cara melakukan Traceroute !
    1.     Klik Start –> Run
    2.     Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
    3.   Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda tinggal ketikkan    > tracert (spasi) namadomainanda




JIKA ADA YANG KURANG CANTUMKAN DI KOLOM KOMENTAR !

0 comments: